Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim sedunia setiap tahunnya. Dahulu, baginda Rasulullah mencontohkan agar kita banyak bersedekah dan berderma di bulan Ramadhan.

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata:

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدَ النَّاسِ ، وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ ، حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ ، وَكَانَ جِبْرِيلُ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari no. 3554 dan Muslim no. 2307)

Karena nyatanya, memang banyak sekali faedah yang akan kita dapati apabila kita berderma saat berpuasa di bulan Ramadhan:

1. Bulan Ramadhan adalah waktu yang mulia dan pahala akan dilipat ganda

Jadi, apapun ibadah yang kamu lakukan, pasti pahalanya ditambah berkali lipat. Apalagi kalau kamu sedekah saat berpuasa, nikmatnya berpuasa akan semakin terasa ringan.

2. Puasa + sedekah + shalat malam = jaminan surga

Kita memang tak akan pernah bisa memahami matematikanya Allah. Karena hanya dengan melakukan ketiga hal itu, Allah memberikan jaminan yang luar biasa kepada kita. Bagaimana tidak, surga beserta isinya dijamin oleh Allah untuk dapat kita nikmati di hari akhir nanti. Masya Allah!

Sebagaimana dalam sebuah hadits qudsi dikabarkan:

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim no.1151)

3. Di bulan Ramadhan, Allah juga berderma kepada hamba-Nya

Yaitu dengan memberikan banyak rahmat, ampunan serta pembebasan dari api neraka, lebih-lebih lagi di malam Lailatul Qadar nanti. Allah begitu baik kepada hamba-Nya, sudah seharusnya sebagai sesama muslim kita juga berbagi kepada sesama.

4. Puasa dan sedekah yang bersamaan akan memudahkan seseorang masuk surga

Dalam hadist disebutkan:

Dari ‘Ali, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di surga ada kamar yang luarnya bisa dilihat dari dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya.”

Lantas orang Arab Badui ketika mendengar hal itu langsung berdiri dan berkata, “Untuk siapa keistimewaan-keistimewaan tersebut, wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda, “Itu disediakan bagi orang yang berkata yang baik, memberi makan (kepada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan melakukan shalat di malam hari ketika manusia terlelap tidur.”

(HR. Tirmidzi no. 1984 dan Ahmad 1: 155. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

5. Ketidaksempurnaan dalam puasa ditutupi dengan sedekah

Manusia tidak pernah luput dari ketidaksempurnaan, setiap kekurangan dan cacat yang secara sengaja atau tidak kita timbulkan saat puasa akan ditutupi dengan sedekah. Karena itulah di akhir Ramadhan kaum muslimin disyariatkan untuk Zakat Fitrah yang tujuannya adalah untuk menyucikan orang-orang yang telah berpuasa.

Nah, sekarang masihkah berat untuk sedekah? Di bikin ya jadwal sedekahnya!

Source: Muslim