Mungkin terkadang kalian merasa berat untuk berbagi. Melihat pengamen jalanan yang suaranya sumbang, rasanya bikin tambah malas untuk mengeluarkan sekedar uang dua ribuan untuk mereka. Tapi, kalian tau gak sih kalo ternyata berbagi itu memiliki manfaat yang luar biasa? Tak hanya untuk orang yang kamu beri, tapi juga untuk dirimu sendiri! Mari di simak!

1. Berbagi mengeluarkan hormon oksitosin yang membuatmu lebih berempati

 

Hormon oksitosin merupakan hormon yang mampu meningkatkan rasa kasih sayang, serta mampu membuatmu merasakan rasa tenang di dalam hati. Bentuk euforia ini nantinya akan membuatmu ingin terus berbuat baik dan juga menumbuhkan rasa empati yang tinggi terhadap orang lain.

Percaya atau enggak, hidupmu akan lebih berwarna, senyum di bibirmu tak akan pernah terlupa setiap kali bertemu dengan orang lain. Sikap ramahmu itulah yang menjadi implikasi dari rasa empatimu. Tak hanya kamu yang bahagia, orang disekitarmu juga akan merasakan kebahagiaanmu loh.

Meski sebetulnya, menurut ahli euforia berbuat ini setidaknya bertahan hingga 2 jam. Ya.. setidaknya itu permulaan ya bagus yah!

2. Believe it or not, orang-orang yang senang berbagi tingkat kebahagiaan hidupnya meningkat hingga 42% loh

Kamu bisa merasakannya sendiri nanti, apabila suatu hari kamu membelikan sesuatu untuk orang lain, rasanya pasti lebih membahagiakan dibandingkan dengan membeli sesuatu untuk dirimu sendiri.

Karena nyatanya, saat kamu berbagi, otak akan memproduksi hormon endorfin yang akan menghilangkan rasa sakit. Hormon endorfin ini setara dengan berlari loh. Makanya mereka yang senang berbagi tingkat kebahagiaan dan kesehatannya 42% lebih tinggi daripada mereka yang enggan untuk melakukan hal itu.

3. Kalau kamu merasa hidupmu sempit, coba berbagi apa yang kamu punya. Di jamin akan membuatmu lebih mensyukuri hidup!

Mungkin terkadang kamu merasa hidupmu berat. Cobaan hidup datang bertubi-tubi dan membuatmu merasa lelah dan penat akan kehidupan. Ingin liburan, rasanya tak mungkin apabila suatu hari kendala yang kamu dapati adalah masalah ekonomi.

Lantas, harus bagaimana?

Berbagi.

Karena dengan berbagi, kamu akan sadar bahwa masih banyak diluar sana orang yang hidupnya tak seberuntung kamu. Jangan pernah menjadikan permasalahan ekonomi sebagai kendalamu dalam berbagi. Karena itu rugi banget!

Di saat kamu berbagi, Tuhan malah akan menggantikannya berkali lipat!

4. Sssstt, ini rahasia ya…

Bill Gates, orang terkaya di dunia tercatat sebagai orang yang paling dermawan versi Forbes. Ia telah mendonasikan hartanya sekitar US$ 2,6 miliar untuk melawan penyakit dan membangun pendidikan di seluruh penjuru dunia. Selain itu, Forbes juga mencatat Bill Gates pernah mendonasikan US$ 50 juta yang disalurkan ke yayasan International Aids Vaccine Initiative.

Bisa kalian saksikan sendiri sekarang bagaimana harta Bill Gates yang tak habis-habis karena sebegitu dermawannya. Bukan, bukan karena dia punya banyak uang lalu bersedia untuk berbagi. Tapi karena ia sadar bahwa berbagi itu memiliki manfaat-manfaat seperti di atas dan juga merupakan bentuk moral terhadap sesama serta rasa syukurnya atas apa yang telah Tuhan beri.

Masa, kalian gak mau contoh sih?

Sekarang, masih ragu untuk berbagi?

Source: hipwee